Tips Pelihara Perkutut ala Toulan R Cakra

Tips Pelihara Perkutut ala Toulan R Cakra

Memelihara atau beternak burung perkutut memiliki keunikan tersendiri. Selain hobby, perkutut terhitung bisa menghasilkan pundi-pundi rejeki.

Perkutut merupakan jenis burung dengan spesifikasi fans tersendiri. Tak banyak orang yang memelihara burung jenis ini sebagai burung kicau dikarenakan suaranya yang monoton. Meski demikian, burung perkutut lokal dipercaya bisa mengimbuhkan kesuksesan, kedamaian dan ketenangan hidup bagi pemiliknya. Hal inilah yang membawa dampak perkutut senantiasa memiliki daya tarik tersendiri bagi para fans burung.

Burung dengan nama latin Geopelia sriata, burung perkutut terdiri dari beragam jenis spesies. Namun, di kalangan para pencinta burung, ada dua kelas besar yaitu burung perkutut lokal dan burung perkutut bangkok. Burung perkutut lokal banyak diminati dikarenakan dipercaya memiliki kemampuan lebih bagi pemiliknya. Sedangkan burung perkutut bangkok lebih disukai dikarenakan kicauannya Jenis Perkutut Katuranggan .

Dalam kepercayaan Jawa, seorang pria yang telah dewasa tak dapat diakui sebagai laki laki sejati jikalau tidak memelihara burung perkutut. Bahkan, terhadap zaman kerajaan Majapahit, burung perkutut diakui sebagai hewan prestisius yang cuma bisa dimiliki oleh kalangan ningrat dan raja-raja saja. Itu sebabnya burung perkutut sering dikaitkan dengan simbol kesuksesan.

Toulan R. Cakra entrepreneur penangkaran perkutut MLD (Milyader Bird Farm), menyebutkan memelihara perkutut wajib memiliki kesabaran ekstra. “Selain kandang yang bersih, perkutut terhitung menyukai situasi atau lingkungan yang tenang.”

Berikut adalah tips memelihara perkutut dengan benar, ala Bang Toulan yang tergabung didalam Paguyuban Pelestari Pecinta Perkutut Tangerang Selatan (P4TS) ;

Mandi Rutin
Burung perkutut wajib dimandikan secara teratur supaya bulunya mengilat dan tidak berkutu. Gunakan semprotan atau spray dengan lubang yang paling halus.

Jemur di Pagi Hari
Burung perkutut terhitung wajib dijemur secara tertib terhadap jam 7 sampai 10 pagi supaya sehat dan tak enteng sakit.

Makanan Bergizi
Burung perkutut bisa diberikan makanan burung berprotein tinggi dari pabrik maupun pakan yang diracik sendiri. Makanan racikan biasanya terdiri dari campuran jawawut, milet dan biji godem. Campuran lain yang sering digunakan sebagai pakan perkutut ialah tumbukan beras merah, ketan hitam, dan jagung.

Vitamin
Jangan lupa burung perkutut kalian diberikan multivitamin supaya hormon testosteron-nya meningkat supaya burung dapat makin lama gacor, memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tahan mental waktu dipertandingkan.

Jamu Khusus
Agar kualitas makin lama prima, burung perkutut wajib diberikan jamu spesifik atau makanan tambahan. Jamu spesifik ada yang dibikin oleh pabrik, sedangkan makanan tambahan bisa bersifat kroto atau ulat hongkong. Pemberian Jamu Kencur, khasiat kencur untuk menghilangkan lendir/ dahak terhadap perkutut supaya perkutut ini memiliki kualitas suara yang bagus dan terhitung menunjang menguatkan pita suara terhadap perkutut.

Suasana Nyaman
Suasana sekitar sangkar yang ramah dan nyaman bisa merubah kualitas fisik dan suara burung perkutut

*Melakukan Mastering*
Hampir mirip dengan beberapa jenis burung lainya disaat kami melakukan perihal berikut, didalam tahapan ini kami bisa mengimbuhkan suara yang lainya untuk memancing supaya burung perkutut kami senang berbunyi atau bersuara.

Carikan Pasangan
Untuk faktor ini yaitu dengan mengimbuhkan pasangan terhadap si burung, biasanya burung perkutut yang sesungguhnya didalam jaman birahi burung ini dapat senantiasa berbunyi setiap saat. Caranya yaitu dekatkan burung jantan dengan betina atau bisa terhitung di masukan didalam satu kurungan. (Otek Hanabi)

Leave a Reply

Your email address will not be published.