CARA LIBURAN HEMAT KE LOMBOK ALA BACKPACKER

CARA LIBURAN HEMAT KE LOMBOK ALA BACKPACKER

Travelling ala backpacker dapat menghemat banyak duwit dan menawarkan banyak pengalaman baru yang barangkali lo gak dulu rasakan saat traveling bersama kawan lewat open trip. Nah, tidak benar satu area liburan asyik sekaligus tidak mahal yang dapat dikunjungi bersama langkah ini adalah Lombok.

Penasaran bagaimana caranya liburan hemat ke Lombok? Buat Superfriends yang sudi pergi di dalam saat dekat, yuk liat tipsnya berikut ini.

1. Beli tiket pesawat jauh-jauh hari
Selalu cari tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Ini penting supaya saat lo gak habis di perjalanan saja. Lo dapat cek area penjualan tiket online ke Lombok, lewat begitu banyak ragam aplikasi yang tersedia saat ini.

Misalnya, lo hendak ke Lombok dari Jakarta, rata-rata harga tiketnya: Rp800 – Rp1 juta untuk sekali jalan. Namun, jikalau merasa memesannya dari tiga bulan sebelumnya, andaikan untungkan lo dapat dapat: Rp1– Rp1.2 juta untuk tiket pulang – pergi.

2. Gunakan jalan darat andaikan menghendaki lebih hemat paket wisata lombok murah

Kalau saat libur lebih panjang, lo dapat menentukan transportasi darat yang jauh lebih murah. Pertama lo naik kereta api Kertajaya dari Jakarta ke Surabaya seharga Rp110.000. Selanjutnya, perjalanan dilanjutkan bersama kereta api dari Stasiun Surabaya Gubeng ke Stasiun Banyuwangi Baru menggunakan kereta api Sri Tanjung bersama harga Rp100.000.

Setelah hingga Stasiun Banyuwangi Baru, perjalanan lo berganti menggunakan bus menuju Terminal Ubung, Denpasar. Namun, lo perlu berjalan kaki sepanjang 15 menit ke Pelabuhan Ketapang lebih-lebih dahulu. Untuk harga tiket bus dari Pelabuhan Ketapang ke Terminal Ubung adalah kurang lebih Rp30.000 – Rp50.000.

Dari Terminal Ubung lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Padangbai menggunakan bus seharga Rp 40.000 – Rp50.000. Selanjutnya, menggunakan kapal feri menuju Pelabuhan Lembar bersama biaya kurang lebih Rp45.000 – Rp50.000.

Setelah tiba di Pelabuhan Lembar berarti sudah tiba di Pulau Lombok. Untuk menuju pusat Kota Mataram, lo dapat menggunakan angkutan kota, taksi, dan mobil sewaan. Jika dihitung, total dana yang lo habiskan hanya Rp370.000. Murah banget, kan?

3. Membuat itinerary yang lengkap

Itinerary atau rancangan perjalanan dapat menolong menghemat budget. Dengan mengerti pasti sudi ke mana dan bagaimana caranya ke sana, lo juga dapat kurangi barangkali tersesat dan kelelahan yang selanjutnya mengeluarkan biaya lebih.

Misal, ternyata di spot yang kita kunjungi paling dekat hanya tersedia hotel dan harganya melebihi budget, tetapi gara-gara sudah kesorean lo menjadi terpaksa mengeluarkan biaya lebih untuk hotel. Pokoknya mempunyai rancangan perjalanan dapat menghindarkan lo dari hal-hal seperti ini, deh!

4. Menginap di dorm

Tujuan dari backpacking adalah menjelajah area baru. Tentu kalian gak perlu mencari hotel yang mahal, dan dapat menginap di dorm (hostel yang sekamar tersedia bunk bed, biasanya 4 bed satu ruangan). Untuk harga, biasanya berkisar di Rp50 ribu per malam.

Kalian dapat jalankan booking online, andaikan di Gili Trawangan dapat cek Secret Garden, Senja Backpacker, atau Gili Backpacker. Cari yang letaknya gak terlalu jauh dan jangan lupa masukkan ke di dalam itinerary supaya mengerti di mana letaknya dan kapan perlu pindah dorm supaya hemat bensin daripada spot yang dituju jauh-jauh.

5. Sharing cost
Kalau merencanakan datang ke area yang agak jauh dan biaya transportasinya lumayan, andaikan perlu sewa kapal, cobalah cari backpacker lain untuk berbagi cost. Biasanya mereka akan terbuka mirip tawaran ini.

Maka dari itu, disaat pergi lo juga perlu sudi mengobrol mirip tamu lain di hostel. Biasanya sesungguhnya lebih banyak turis luar negeri yang menentukan travelling ala backpacker ini, kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.